Mengenal Fungsi Tuas Transmisi Pada Mobil Matic

Mengenal Fungsi Tuas Transmisi Pada Mobil Matic – Mobil berjenis matic merupakan mobil yang banyak dipilih dan digunakan. Itu karena ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh mobil jenis itu dibandingkan dengan mobil manual pada umumnya. Pada mobil matic semua dibuat dengan sistem otomatis sehingga memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk menjalankan mobil mereka. Perbedaan lain juga terlihat pada sistem transmisi yang digunakan, baik pada mobil matic maupun manual.

Fungsi Tuas Transmisi Mobil Matic

Pada mobil dengan sistem manual, pengemudi dapat memacu kecepatan kendaraannya sesuai dengan angka yang tertera pada tuas. Sementara pada mobil matic, dibuat dengan kombinasi huruf dan ngka, yaitu P-R-N-D-2-L. Di mana masing-masing angka dan huruf tersebut mewakili setiap fungsi yang dibutuhkan oleh pengendara matic. Meski begitu, tidak sedikit orang atau pemilik mobil yang melakukan kesalahan dalam memahami kombinasi tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh Deni Andrian, seorang Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok, penggunaan fungsi P, R, dan N hampir tidak mengalami kendala di kalangan pengguna. Berbeda dengan fungsi lain seperti D, 2, dan L yang dikatakan sering keliru diartikan oleh pengguna.

Penggunaan fungsi P, R, dan N mungkin memang lebih mudah diingat karna masing-masing memiliki arti yang bisa ditebak, yaitu P (Parking) untuk menunjukkan mode parkir, R (Reverse) untuk fungsi mundur, dan N (Neutral) untuk berpindah ke mode Netral. Sementara penggunaan D, 2, dan L mungkin saja terasa sedikit membingungkan, apalagi bagi pengemudi yang masih awam. Lalu apa fungsi ketiga mode tersebut?

Ketiga tombol tersebut ternyata memiliki peranan penting dalam menjalankan dan mengatur kecepatan mobil. Di mana D (Drive) digunakan untuk mengemudi dengan kecepatan normal yang sudah disesuaikan oleh sistem. Mode ini juga cocok untuk pengguna yang lebih sering bepergian dalam kota jika menggunakan matic.

Baca juga:  Solusi Selain Unfriend dan Block Teman di Sosial Media

Selain dapat digunakan untuk kecepatan normal, fungsi tuas D pada transmisi mobil matic adalah untuk melakukan over drive, yaitu menggunakan kecepatan tertinggi dan memaksimalkan kinerja mesin mobil. Meski begitu, fungsi ini tidak bisa digunakan setiap saat dalam segala kondisi. Pengendara harus cermat dalam menentukan situasi dan kondisi.

Fungsi tombol 2 pada tuas transmisi bisa digunakan untuk menstabilkan kecepatan mobil. Terutama saat berada di jalan yang menanjak. Selain bisa memberikan kecepatan yang stabil, penggunaan mode ini juga dapat menghemat bahan bakar yang dikeluarkan oleh kendaraan.

Sementara fungsi L (Low) dapat digunakan ketika dalam kondisi mengemudi di jalan menurun. Mode ini sangat disarankan untuk digunakan pada turunan dan jalan menanjak yang terbilang curam. Kecepatan yang dihasilkan merupakan kecepatan terendah yang sudah diatur, sehingga lebih aman bagi pengguna.

Itulah beberapa fungsi pada tuas transmisi yang terdapat pada mobil matic. Para pengguna mobil dengan sistem matic setidaknya sudah bisa mengenali fungsi-fungsi tersebut saat sedang berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *