Ikuti Tren Digital, Astra Motor Kalbar Hadirkan Platform Jurnalis

Setelah mendapat kesempatan untuk melihat langsung kecanggihan Honda PCX Hybrid beberapa waktu lalu, hari ini kembali diundang oleh Astra Honda Motor Pontianak untuk ‘First Impression’ layanan yang sedang mereka siapkan. Layanan tersebut berbasis web, ditujukan untuk para pegiat media seperti jurnalis dan blogger.

First Impression Astra Motor Kalbar

Merasa beruntung karena menurut perwakilan Honda Kalbar, platform yang disiapkan oleh Astra Motor Kalbar ini adalah yang pertama, khususnya untuk Kalimantan Barat. Di mana tujuan pembuatannya adalah untuk mempromosikan portal online dan blog penggunanya lewat situs mereka.

Selain untuk mendukung teman-teman pegiat media, adanya layanan ini juga sebagai bentuk digitalisasi layanan Astra Motor Pontianak. Sebab, untuk beberapa hal seperti datang ke event dan tanda tangan sudah tidak perlu dilakukan secara manual.

Semua yang sudah terdaftar dalam aplikasi berbasis web ini cukup melengkapi profil mereka, dan menyiapkan aplikasi QR Scanner. Pihak Astra Motor Kalbar pun akan menyediakan QR Code yang bisa di scan, baik untuk pengisian absen atau keperluan lainnya.

Model dashboard seperti yang digunakan Astra Hondar Motor Pontianak ini sebenarnya sudah tidak asing lagi untuk Penulismu, karena sebelumnya sudah pernah menggunakan model yang serupa, hanya saja ada perbedaan pada fitur dan sistem poin. Sehingga tidak begitu bingung lagi untuk menggunakannya, dan memang tampilannya cukup user friendly untuk digunakan, termasuk oleh pemula atau yang baru pertama kali memakainya.

Ya, pihak Honda Pontianak memberlakukan sistem poin, baik untuk blogger maupun wartawan media online. Mereka yang mendapatkan poin karena berhasil mengerjakan tugas tertentu, akan terlihat dari peringkat yang sudah disiapkan. Sehingga akan lebih bersemangat dalam menghasilkan konten yang informatif.

Meski begitu, Astra Motor Kalbar sendiri tidak ingin rekan jurnalis sampai menyiapkan website khusus hanya untuk mereka. Rekan jurnalis dan blogger diperbolehkan untuk menulis ulang (rewrite) tulisan yang berkaitan dengan Astra Honda Motor di Kalbar. Boleh juga dengan menyediakan label atau kategori khusus pada blog yang dimiliki.

Baca juga:  Pilihan “Internet Super Kuota” Hilang, Pengguna dan Penjual Kebingungan

Teman-teman jurnalis dan blogger bebas menulis apa saja seputar Astra Honda Motor, tapi diutamakan informasi yang ada di Kalbar. Walau begitu boleh juga menulis informasi yang bersifat umum. Semua akan akan poinnya masing-masing.

Baiknya lagi, sistem pengisian konten dilakukan secara manual, tidak menggunakan sistem scrapper yang secara otomatis bisa mengambil posting terbaru di blog kita. Setiap kali pengunjung mengklik link tulisan kita di layanan Honda itu, maka akan secara otomatis diarahkan ke tulisan milik kita.

Mereka memiliki editor yang siap mengecek semua tulisan yang masuk. Semua artikel yang dianggap layak tayang akan disetujui, diberikan poin sesuai ketentuan yang berlaku. Sebaliknya yang dianggap banyak melakukan kesalahan dan tidak sesuai ketentuan yang mereka buat, bisa saja terkena sanksi blacklist.

Hingga saat ini layanan tersebut masih terus dikembangkan. Dikabarkan kalau nantinya pengguna juga bisa menambahkan link video, melihat tulisan berdasarkan nama penulis, dan melihat jumlah views atau klik yang didapat dari layanan tersebut.

Sebagai yang pertama mencoba layanan ini, sangat senang dengan apresiasi dan dukungan yang diberikan. Bukan tidak mungkin jika sistem ini berhasil di Kalbar, akan diteruskan ke daerah-daerah lain di Indonesia. Tertarik untuk menjadi bagian dari Jurnalis Astra Motor Pontianak?

2 thoughts on “Ikuti Tren Digital, Astra Motor Kalbar Hadirkan Platform Jurnalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *