Terganggu dengan WhatsApp Marketing? Begini Cara Mengatasinya

Terganggu dengan WhatsApp Marketing? Begini Cara Mengatasinya – Internet kini tak hanya digunakan oleh orang-orang yang pintar komputer, hampir semua kalangan menggunakan internet untuk keperluan mereka yang beragam. Salah satunya pegiat bisnis. Jika memiliki produk atau jasa yang bisa ditawarkan kepada orang lain, maka berbisnis melalui internet adalah sesuatu yang patut dicoba. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis melalui internet.

WhatsApp Marketing
WhatsApp marketing – Rianto Astono

Salah satu cara marketing online yang biasa dilakukan para pebisnis online adalah WhatsApp marketing, yaitu dengan mengirimkan pesan broadcast ke semua orang yang juga menggunakan WhatsApp. Biasanya, cara ini dilakukan bukan hanya untuk calon konsumen yang nomornya sudah tersimpan di handphone pengirim pesan, nomor-nomor yang sudah terhubung ke WhtasApp tanpa disimpan terlebih dahulu pun bisa mendapat pesan yang dikirimkan.

Awalnya mungkin teknik WhatsApp marketing gratis ini tidak dirasa mengganggu. Namun tidak jarang yang merima pesan berulang kali dari nomor berbeda merasa risih. Aplikasi WhatsApp yang dimiliki dipenuhi dengan pesan broadcast yang yang sebelumnya juga ramai digunakan pada aplikasi chatting semisal BBM (BlackBerry Messenger).

Lalu apakah hal ini bisa diatasi?

Tentu saja bisa. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp marketing yang dirasa mengganggu.

Bicara ke Pengirim Pesan

Sebagai pengguna, kita bisa saja memblokir setiap pengirim pesan yang ada di WhatApp. Namun terkadang, meski sudah diblokir, pesan seperti promo produk dan broadcast serupa masih akan tetap bisa diterima dari nomor berbeda. Untuk mengatasinya, cobalah mengirimkan pesan yang sopan dan baik kepada pengirim pesan tersebut. Katakan kalau kamu tidak ingin menerima pesan semacam itu lagi.

Baca juga:  Cara Melihat Posisi Blog di Google Saat Terkena Google Dance

Harapannya pengirim pesan dan pemilik produk dapat mengerti hal tersebut dan menghapus nomor kita dari daftar penerima pesan mereka. Namun cara ini tak selalu berhasil. Sebab kebanyakan pesan yang dikirim menggunakan aplikasi khusus. Sehingga tak jarang pesan yang kita kirimkan akan berakhir sia-sia.

Manfaatkan ‘Kemampuan Ganda’ di Smartphone

Cara lain yang bisa dilakukan jika benar-benar merasa terganggu dengan WhatsApp marketing Indonesia adalah dengan memaksimalkan fitur smartphone yang dimiliki. Rata-rata smartphne saat ini sudah mendukung fitur dual atau memiliki kemampuan ganda. Pengguna dapat menggunakan dual SIM card, dual apps, dan yang lainnya. Khusus untuk masalah WhatsApp marketing, coba manfaatkan fitur kemampuan ganda tersebut.

Salah satunya bisa dengan memisahkan nomor pribadi dan nomor yang digunakan untuk belajar atau mendapatkan materi tertentu melalui pesan broadcast. Dengan begitu semua pesan yang masuk bisa sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan cara ini, diperlukan dua aplikasi WhatsApp dengan nomor yang berbeda.

Arahkan ke WhatsApp Bisnis

Cara ini mungkin terkesan nakal, tapi tidak ada salah sesekali mengajak pengirim pesan untuk bercanda. Selain untuk chatting, saat ini WhatsApp juga tersedia untuk keperluan bisnis. Cara ini hampir mirip dengan cara sebelumnya, hanya saja yang digunakan adalah aplikasi WhatsApp bisnis. Jika kesulitan melakukan cloning aplikasi untuk bisa melakukan dual apps, aplikasi WhatsApp bisnis bisa jadi solusi.

Beberapa cara tersebut adalah cara aman yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah pesan broadcast di WhatsApp yang terasa mengganggu. Dengan begitu kita bisa tenang, dan pedagang senang bisa menjanlankan pekerjaan mereka dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *