Memanfaatkan Blog untuk Memaksimalkan Promosi Produk

Memanfaatkan Blog untuk Memaksimalkan Promosi Produk – Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam memasarkan produk yang ia miliki. Salah satunya melalui tulisan, gambar atau video yang disebar menggunakan media online seperti blog. Dengan memiliki sebuah website khusus yang menjelaskan tentang produk yang kita tawarkan, dapat menambah kepercayaan calon pembeli sehingga memutuskan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu mereka juga bisa melihat penjelasan tentang barang atau jasa yang ditawarkan secara lebih jelas. Itulah mengapa sebuah usaha sebaiknya memiliki halaman online.
Memanfaatkan Blog untuk Memaksimalkan Promosi Produk
Memanfaatkan Blog untuk Memaksimalkan Promosi Produk via Pexels.com

Sayangnya masih banyak pemilik usaha yang bisa dibilang ikut-ikutan dalam membuat website untuk keperluan usaha mereka. Hal itu tidak sepenuhnya salah, tapi akan lebih baik lagi kalau sebagai pemilik usaha yang juga bergerak secara online, kita bisa mengelola website tersebut sendiri. Paling tidak kita bisa menyerahkannya pada orang yang benar-benar paham kalau tidak mengerti sama sekali bagaiamana cara memaksimalkan penggunaannya.

 Dari beberapa pengalaman, tidak sedikit orang yang hanya bertahan pada tahun pertama dalam mengelola website yang dimilikinya. Alasannya adalah karena tidak mengerti cara menggunakannya, dan tidak merasakan efek dari adanya website tersebut. Padahal jika ditekuni secara perlahan dan rutin, lama-lama akan terasa apa yang diinginkan. Kita hanya perlu usaha dan bersabar.

Beberapa hal berikut ini mungkin bisa kamu coba kalau mau menggunakan blog untuk memaksimalkan promosi produk yang kamu miliki.

#1 Mempersiapkan Blog yang Sesuai

Ada beberapa layanan yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website, tapi yang paling banyak digunakan adalah Blogspot dan WordPress. Mungkin karena keduanya lebih mudah untuk digunakan. Jika kamu masih sangat baru dalam memahami blog, kamu bisa mencoba untuk menggunakan Blogspot milik Google. Bermodal akun Gmail, kamu sudah bisa membuat sebuah blog gratisan di blogger.com. jika ingin menggunakan WordPress atau yang lainnya juga boleh, tapi ada biaya lebih yang mesti diperhitungkan.

Baca juga:  Terganggu dengan WhatsApp Marketing? Begini Cara Mengatasinya

#2 Menyiapkan Domain dan Hosting

Domain dan Hosting, mudahnya domain adalah alamat untuk tempatmu nantinya manwarkan produk. Sementara hosting adalah tempat menyimpanpan data-data file seperti foto, tulisan, video dan lain-lain. Baik menggunakan blogspot atau WordPress, kamu tetap bisa memilih untuk membeli hosting dan domain. Jika kamu menggunakan blogspot, kamu bisa memutuskan untuk membeli domain saja tapi jika kamu memakai WordPress, kamu mesti memiliki keduanya. Domain dan hosting bisa bisa kamu dapat di beberapa penyedia yang ada di internet.

#3 Konten yang Menarik dan Selalu Update

Sebuah website atau blog tidak begitu jadi langsung bisa digunakan mendatang pengahasilakan sesuai dengan yang sudah dibayangkan. Ada beberapa proses lagi yang mesti dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengisinya secara rutin. Isi dari yang web yang kamu miliki bisa beragam, boleh menggunakan, tulisan, video atau gambar. Tuujuannya agar orang tertarik untuk datang lagi dengan harapan mereka melihat satu atau dua produk yang ditawarkan melalui laman yang mereka kunjungi tersebut.

#4 Optimasi dan Promosi

Setelah memiliki konten dan beberapa produk yang siap dipasarkan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan optimasi dan promosi. Ada banyak model optimasi yang biasa dilakukan oleh pemilik blog, tapi untuk permulaan, cobalah untuk menyebar alamat blog yang kamu punya menggunakan semua sosial media yang dimiliki. Tulis alamat website kita di bio sosial media yang kita punya. Jangan lupa untuk mengupdate isinya supaya kita memiliki bahan untu dibagikan setiap kali kita mau.

#5 Mudahkan Orang Lain Menggunakannya

Tampilan dan akses ke setiap menu yang ada juga memiliki pengaruh yang penting pada setiap orang yang datang. Itu juga yang jadi pertimbangan mereka untuk berlaa-lama di web yang kita sediakan atau langsung pergi begitu saja ketika halaman terbuka. Untuk itu kita perlu sedikit belajar menggunakan emplate atau theme dan peletakan menu yang baik, sehingga orang-orang betah dan merasa nyaman menggunakan web yang kita punya.

Baca juga:  Cara Tukar Tambah Mobil Bekas yang Sebaiknya Kamu Tahu

Kalau kamu kesulitan melakukannya, beberapa layanan seperti blogspot dan Worpress sudah menyediakan beberapa tampilan yang bisa kamu coba. Bahkan kamu juga bisa menggunakan tampilan yang ada di internet. Hanya saja kamu perlu sedikit berhati-hati dan memilih.

#6 Serahkan Semua Pada Ahlinya

Jika kamu tidak bisa melakukan semuanya sendiri, kamu bisa menyiapkan biaya lebih untuk meminta orang lain mengerjakan semua yang diperlukan. Kamu bisa menggunakan jasa Freelance Content Writer Pontianak untuk mengerjakannya. Kamu juga bisa memilih untuk hanya dibuatkan website atau konten saja. Content Writer Pontianak sudah memulai usahanya sejak 2014, sudah ada banyak portal dan website yang ditangani untuk pembuatan kontennya.

Saat ini Freelancer Content Writer Pontianak melayani pembuatan website, custom domain, dan penulisan konten. Untuk tema tulisan yang biasa dibuat tidak jauh-jauh dari soal berita, review, gadget, lifestyle, fashion, dan teknologi. Meski begitu, masih bisa menyesuaikan dengan tulisan yang kamu inginkan jika dirasa bisa untuk dikerjakan. Kalau kamu ingin mencoba jasa Content Writer Pontianak ini, kamu bisa mengirimkan pesan melalui Facebook atau WhatsApp di 081338580920.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *