Google Drive Akan Ditutup, Bagaimana Nasib Data Pengguna?

Google Drive Akan Ditutup, Bagaimana Nasib Data Pengguna – Saat kita mulai asik menikmati berbagai layanan Google, kabar mengejutkan justru datang dari perusahaan teknologi terkemuka tersebut. Pasalnya, baru-baru ini Google melalui situs resminya mengabarkan kalau salah satu layanan mereka akan segera dimatikan atau ditutup. Kabar tersebut tentu saja mengejutkan bagi sebagian besar pengguna produk raksasa internet satu ini. Bagaimana tidak, layanan yang dimaksud adalah Google Drive.
Google Drive Akan Ditutup
Google Drive akan Ditutup

Google Drive adalah layanan milik Google yang memungkinkan kita untuk menyimpan data secara online. Setiap pengguna yang memiliki akun Google, secara otomatis juga memiliki akse ke Drive dan sejumlah fitur lainnya. Adanya layanan baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat disebut sebagai alasan dimatikannya layanan penyimpanan data populer itu. Google Drive nantinya bakal digantikan dengan sebuah produk baru yang diklaim memiliki fungsi yang sama, namun memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dalam hal mengakses data pengguna.

 Layanan Pengganti Google Drive

Dari informasi yang didapat melalui DetikInet, pihak Google akan mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan kepada pengguna Google Drive for Desktop bahwa layanan tersebut akan dimatikan. Kabar tersebut akan dikirim secara bertahap pada Oktober 2017 mendatang. Pengguna akan diminta untuk beralih ke layanan baru yang dikabarkan sebagai pengganti penyimpanan Google ini, yaitu Drive File Stream.

Drive File Stream digadang-gadang akan menggantikan G Drive dalam waktu dekat. Saat ini layanan baru tersebut hanya tersedia bagi pengguna G Suite. Namun pengguna lainnya akan segera menikmatinya pada 26 September 2017. Dengan hadirnya pengganti Drive ini, maka layanan sebelumnya untuk Mac dan Windows akan dimatikan alias ditutup. Sehingga pengguna perlu menyelamatkan data-data mereka.

Baca juga:  Vivo Siapkan Smartphone dengan Kamera Selfie 20 MP dan Moonlight Flash

Nasib Data Pengguna Google Drive

Para pengguna Google Drive for PC akan segera mendapat pemberitahuan kalau data mereka akan hilang. Maka dari itu pihak penyedia layanan sudah menyiapkan update terbaru agar pengguna dapat menyelamatkan data mereka. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terhapusnya seluruh file yang terseimpan, pengguna drive Mac dan Windows diminta untuk update ke versi terbaru yang sekarang sudah berganti nama menjadi Backup & Sync.

Belum diketahui pasti apakah file yang ada di Drive sebelumnya akan benar-benar terhapus atau masih bisa di migrasi ke Drive File Stream. Tai untuk menghindari kehilangan data-data penting, ada baiknya untuk melakukan backup data.

Google Drive Segera Dimatikan

Pihak Google menyebutkan bahwa mereka akan mulai mematikan layanan populer mereka itu pada 11 Desember 2017 nanti. Itu artinya pengguna masih punya cukup waktu untuk melakukan pemindahan data. Setelah itu Google akan benar-benar menutup layanan Google Drive secara resmi pada 12 Maret tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *