Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Semakin mudahnya akses informasi dan tingginya minat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, siapa yang tidak mengenal Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak? Sebuah kampus yang sangat terkenal, tidak hanya di Kalimantan Barat, tapi juga di Indonesia. Masuk dalam daftar kampus terfavorit bagi banyak calon mahasiswa. Banyak pelajar yang akan sangat bangga jika bisa masuk dan menjadi mahasiswa di UNTAN ini.

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Serangkaian tes diikuti, berbagai persyaratan dilengkapi demi bisa terdaftar sebagai mahasiswa UNTAN. Tidak hanya bagi calon mahasiswa, orang tua juga kadang menjadi sangat bersemangat ketika mengetahui anak mereka ingin kuliah di kampus terkemuka tersebut. Berbagai upaya dilakukan demi bisa mendapatkan biaya untuk kuliah di sana. Bahkan ada yang rela merantau jauh-jauh ke Pontianak hanya untuk kuliah di kampus itu. Tak jarang orang tua mereka pun rela menjual sawah dan harta benda lainnya agar kebutuhan anaknya tercukupi.

Hasil selalunya tidak membohongi proses. Banyak yang kemudian bisa masuk ke kampus yang terbilang elit itu. Banyak juga yang kemudian menaikkan tingkat sosial mereka di masyarakat karena berhasil masuk ke kampus terkenal di tanah air tersebut. Sebab menurut banyak orang, masuk di UNTAN memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga jika bisa masuk sebagai mahasiswa, itu artinya mereka orang berada (orang kaya). Padahal tidak selalu seperti itu.

Sejarah Singkat Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak

Univeristas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, berdiri pertama kali pada 20 Mei 1959. Saat itu kampus ini bernama Universitas Daya Nasional. Karena masih baru merintis, di awal keberadaannya Universitas ini dinaungi oleh Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional dan masih berstatus sebagai universitas swasta. Awalnya hanya ada dua fakultas yang aktif, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga.

Baca juga:  #WaktunyaMoveOnSob: Mulai Langkah Baru Bersama Jagoan Hosting Sebagai Content Writer

Beberapa tahun berselang, Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak, hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Dengan adanya perubahan tersebut, maka Universitas Negeri Pontianak kembali membuka dua fakultas baru, yakni Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Kemudian nama Fakultas Tata Niaga diubah menjadi Fakultas Ekonomi.

Kurang lebih 10 tahun perjuangan dilakukan, universitas ini pun berkembang pesat dengan berbagai perubahan di sejumlah bidang, seperti penambahan fakultas yang kemudian menjadi lima fakultas. Seiring dengan perjalanannya, tempat kuliah itu pun kembali berganti nama menjadi Universitas Dwikora lalu berubah lagi menjadi Universitas Tanjungpura yang hingga sekarang lebih akrab disebut UNTAN.

Dilihat dari sejarahnya, sangat tepat sekali jika selogan Bersama UNTAN Membangun Negeri dijadikan sebagai motto kampus tersebut. Sebab dalam beberapa tahun saja dari mulai berdiri hingga saat ini, Perguruan Tinggi tersebut mampu bersaing dan menjadi universitas unggulan. Hal tersebut juga sesuai dengan visi utama mereka, menjadi institusi preservasi serta pusat informasi ilmiah untuk Kalimantan Barat.

Fakultas Unggulan di UNTAN Pontianak

Bukan hanya karena memiliki prestasi yang bagus, UNTAN juga memiliki beberapa fakultas unggulan yang selalu menjadi incaran para calon mahasiswa. Beberapa fakultas unggulan di UNTAN adalah Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran. Meski saat ini fakultas di UNTAN sudah memiliki banyak pilihan dan dapat disesuaikan dengan minat, banyak juga calon mahasiswa yang lebih tertarik dengan fakultas yang sudah disebutkan tadi.

Tidak heran, itu karena fakultas pilihan dengan peminat yang tidak sedikit. Meski harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar lainnya, peluang kerja pun terbuka lebar. Selain itu lulusan dari fakultas-fakultas tadi juga sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia dengan berbagai bidang pekerjaan dan keahlian.

Baca juga:  CempakaRentCar.com Rental Mobil Pontianak Terbaik di Kalimantan Barat

Biaya Kuliah di UNTAN Pontianak

Sebenarnya, meski sudah menjadi kampus yang luar biasa dan terfavorit, biaya kuliah di UNTAN masih terbilang murah dan terjangkau. Jangan khawatir soal biaya kuliah di sini. Sebab ada banyak pilihan beasiswa yang bisa digunakan untuk menunjang perkuliahan. Biaya kuliah di UNTAN Pontianak sendiri menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mana besarannya ditentukan berdasarkan jumlah pengasilan orang tua mahasiswa. Sistem biaya kuliah ini sudah diterapkan UNTAN sejak 2013.

Besaran biaya kuliah di UNTAN juga dibagi menjadi beberapa kelompok UKT, yaitu:
Kelompok UKT 1 Jumlah penghasilan: Rp. 0 – Rp. 500.000
Kelompok UKT 2 Jumlah penghasilan: Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000
Kelompok UKT 3 Jumlah penghasilan: Rp. 1.000.00 – Rp. 1.500.000
Kelompok UKT 4 Jumlah penghasilan: Rp. 1.500.000 – Rp. 2.000.000
Kelompok UKT 5 Jumlah penghasilan: Lebih dari Rp. 2.000.000

Dari beberapa kelompok UKT di atas bisa dilihat bahwa untuk kuliah di UNTAN tidak harus kaya atau punya uang banyak, karena bisa disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Semua calon mahasiswa mendapat kesempatan yang sama maju Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Jika kamu tahun ini sudah ingin masuk kuliah dan memilih UNTAN sebegai Universitas pilihan, kamu sudah bisa melakukan persiapan mulai saat ini juga. Cari informasi sebanyak mungkin tentang fakultas atau jurusan yang diminati dan siapkan segala keperluan lainnya. Mari maju Bersama UNTAN Mebangun Negeri.

Untuk informasi lebih lengkap tentang UNTAN Pontianak dan alur pendaftaran, silahkan menuju ke website resinya di untan.ac.id. Jika kamu ingin mendaftar sebagai mahasiswa di kampus tersebut, kamu bisa melihat semua informasinya melalui webiste resmi UNTAN Pontianak yang selalu terupdate secara berkala.

Baca juga:  4 Rekomendasi Rental Mobil Pontianak dengan Pelayanan Terbaik

2 thoughts on “Bersama UNTAN Membangun Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *