4 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Dibuat dari Teh

4 Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Dibuat dari Teh – Meski kemajuan zaman sudah semakin cepat, namun banyak hal bersifat tradisional yang masih tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Salah satunya dalam bentuk makanan dan minuman khas Indonesia. Kemunculan berbagai macam kuliner kekinian ternyata tidak menggeser minat masyarakat terhadap olahan tradisonal Indonesia, khususnya minuman tradisional. Sebab selain dibuat dengan pilihan bahan yang berkualitas, minuman khas Indonesia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

minuman tradisional yang unik dan nikmat

Beberapa jenis minuman khas Indonesia biasanya digunakan untuk mengahangatkan badan atau sebagai obat, misalnya saja untuk mengatasi masuk angin dan sebagainya. Salah satu minuman tradisional yang masih sangat digemari hingga saat ini adalah teh. Minuman yang diolah dari daun teh ini memang sangat nikmat, apalagi diminum saat sedang bersantai dan memulai hari sebelum mengerjakan berbagai aktivitas.

Sebagai salah satu minuman tradisional yang unik dan nikmat, teh ternyata tidak hanya bisa diminum begitu saja seperti menikmati teh pada umumnya. Ada beberapa olahan minuman lain yang juga memanfaatkan teh sebagai campuran utamanya. Berikut adalah minuman tradisional khas Indonesia yang dibuat dari teh.

Teh Beras Kencur

Umumnya beras kencur dapat kita jumpai pada aneka jamu yang juga merupakan minuman tradisional khas Indonesia. Minuman yang berasal dari daerah Jawa ini biasanya dikonsumsi karena khasiatnya yang dapat menyegarkan tubuh. Namun ternyata minuman kesehatan satu ini juga bisa dikombinasikan dengan teh. Kamu hanya tinggal mecampurkan olahan beras kencur dengan air teh untuk mendapatkan minuman yang nikmat dan menyehatkan.

Teh Pletok

Minuman satu ini adalah minuman khas msyarakat Betawi. Minuman ini juga sering disebut dengan Bir Pletok. Namun meski dijuluki sebagai ‘bir’ oleh masyarakat, minuman ini tidak mengandung alkohol atau semacamnya. Ternyata kamu juga bisa menikmati olahan minuman unik tersebut bersama teh kesukannmu. Cukup celupkan teh pada olahan Teh Pletok selama satu menit dan kemudian diamkan selama 2 menit. Jika ingin mendapatkan kenikmatan yang lebih, kamu bisa menambahkan es batu suapaya lebih segar.

Baca juga:  Berbagai Cerita Dibalik Populernya ‘Hubby’ dan 'Wifey’

Teh Biji Ketapang

Biji Ketapang ternyata juga bisa diolah menjadi minuman tradisional Indonesia yang unik. Kamu juga bisa menggunakan teh celup sebagai pelengkapnya. Caranya adalah dengan mencelupkan teh pada olahan bahan teh biji ketapang hingga airnya berwarna kecoklatan. Setelah itu kamu juga bisa menambahkan beberapa pelengkap lain seperti susu, dan kacang goreng untuk menambah rasa nikmat pada minuman tersebut.

Teh Tape Ketan Hitam

Ini merupakan jajanan pasar yang enak dan murah meriah. Untuk menikmatinya agar lebih enak, kamu juga bisa memadukannya dengan teh celup. Caranya adalah dengan menyeduh teh yang dicampur satu sendok makan gula jawa, gula pasir, dan garam. Kemudian campurkan ke olahan tape ketan yang sudah disiapkan.

Itulah 4 minuman tradisional yang unik dan nikmat yang dibuat dengan teh. Kamu juga bisa membuat semua minuman itu di rumah, dengan jaringan internet dan gadget kesayanganmu, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi untuk membuat semua minuman yang enak itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *