Thursday, March 23, 2017

4 Tips Memilih Plugin Wordpress Terbaik untuk Membangun Website

4 Tips Memilih Plugin Wordpress Terbaik untuk Membangun Website - Dalam membuat sebuah situs online, baik itu berbasis blog atau website professional, biasanya diperlukan pesiapan yang sangat matang. Kita tidak bisa hanya memikirkan ingin menggunakan platform apa, domain apa dan akan diisi tentang apa laman tersebut nantinya. Jika kita berfikir hanya sampai disitu, itu artinya usaha yang dilakukan baru sampai pada membuat. Sementara untuk mengembangkan web tersebut supaya bisa dikenal dan memiliki banyak pengjung diperlukan tenaga ekstra.

Plugin Wordpress Terbaik untuk Membangun Website
Membangun Website Berbasis Wordpress via Pexels.com
Meski semuanya biasa dilakukan dengan bantaun orang lain, seperti menyewa Jasa Pembuatan Website Pontianak, ada baiknya juga mengetahui sedikit tentang proses pembuatan dan pengembangan sebuah website. Sehingga jika pada kemudian hari kita menemukan sebuah masalah, kita bisa menyelesaikannya sendiri.

Dalam membangun sebuah situs online berbasis Wordpress, ada banyak hal yang mesti dipersiapkan dan diperhatikan, bukan hanya sekedar membeli domain, lalu menghubungkannya dengan hosting, lanjut ke proses instalasi, dan kemudian mengisinya dengan beberapa tulisan yang telah disediakan. Lebih dari itu, ada pelengkap yang juga mesti dipasang gunakan mendukung web Wordpress yang dimiliki. Itu supaya kinerjanya lebih baik dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pada pembahasan ini, pelengkapa tersebut dinamai dengan plugin.


Apa itu Plugin Wordpress?

Mudahnya, plugin adalah sebuah tool berisi script yang bisa dipasang dengan sangat mudah pada blog Wordpress yang kita miliki. Fungsinya untuk menambahakan fungsi-fungsi tertentu yang sebelumnya tidak ada pada website kita, misalnya saja seperti anti virus, penyaring komentar spam, dan sebagainya. Ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan, namun tidak semuanya dapat dipasang dan dipakai secara bersamaan dalam satu web.


Cara Memilih Plugin Wordpress yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ada banyak sekali plugin yang bisa dipasang pada Wordpress kita, semuanya bisa kamu temukan di http://wordpress.org/plugins . Di sana adalah kumpulan plugin yang siap digunakan dari berbagai pengembang terpecaya yang direkomendasi oleh pihak Wordpress. Mengingat banyaknya pilihan yang ada, kita dituntut untuk bisa memilih salah satu di antara sekian banyak plugin Wordpress yang disarankan. Sebab masing-masing website memiliki kebutuhannya masing-masing.

Berikut kami berikan sedikit Tips Memilih Plugin Wordpress Terbaik untuk Membangun Website-mu.

#1 Perhatikan Rating dan Active Install

Saat memilih sebuah plugin melalui dashboard Wordpress, kita diberikan beberapa informasi terkait tool tersebut, misalnya saja seperti rating dan jumlah active install. Dua hal ini merupakan langkah utama dalam menentukan pendukung yang tepat untuk website kita. Semakin bagus peringkat sebuah plugin, maka artinya banyak orang yang puas menggunakan fitur tersebut. Begitu juga dengan active install. Semuanya bisa dilihat pada bagian keterangan.

#2 Baca Review dari Pengguna Lain Tentang Plugin yang Kita Inginkan

Selain rating dan active install, feedback berupa ulasan dari pengguna juga sangat penting untuk diketahui. Selain untuk semakin memantapkan niat kita, melalui review yang ada kita juga bisa mengetahui kelebihan serta kekurangan plugin tersebut. Ada banyak plugin dengan fungsi yang sama, untuk itu review dari pengguna lain akan membantumu menemukan yang paling tepat.

#3 Lihat Tampilan Plugin Lewat Screenshot

Pada laman keterangan plugin biasa kita akan disuguhkan gambar-gambar yang terkait plugin tersebut, baik itu tutorial penggunaan atau juga pengenalan interface-nya. Sebelum memutuskan untuk memasang tool yang dimau ke web pribadi, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu tampilan plugin yang dimaksud. Ini agar memudahkan kita jika ingin melakukan pengaturan lebih pada fitur yang disediakan.

#4 Jangan Korbankan Disk Space untuk Plugin yng Tidak Perlu

Saat pertama kali membuat website menggunakan Wordpress, tentu kita disarankan untuk memnggunakan hosting dengan disk space yang memadai. Meski ruang penyimpanan yang disediakan cukup besar, kita juga harus pandai dalam mengelola plugin yang ada. Usahakan untuk sebiasa mungkin mengaktifkan plugin yang benar-benar diperlukan. Jika ada yang tidak terpakai sama sekali, ada baiknya untuk dihapus saja. Itu akan menghemat ruang yang ada untuk keperluan lain.

Itu dia beberapa tips yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk kita semuanya yang mungkin sedang belajar untuk membangun blog atau website-nya dari awal. Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa tips lainnya yang tidak kalah penting, tapi mungkin akan di share pada lain kesempatan. Semoga 4 Tips Memilih Plugin Wordpress Terbaik untuk Membangun Website bisa diterapkan dengan baik.